INTERNATIONAL BOOK REVIEW CONFERENCE FROM 3 COUNTRIES




Selalu ada hal baik dalam setiap peristiwa. Kesulitan membuat manusia kreatif dalam mencari cara. Bahkan seringkali yang terjadi inovasi melebihi ekspestasi. Setidaknya itu yang tergambar dalam acara yang diinisiasi oleh Universitas Narotama. International Book Review Conference From 3 Countries, diadakan secara daring pada tanggal 15 Juni 2020 dan mengundang penulis buku dari Indonesia, Malaysia dan Thailand. Acara ini diapresiasi karena selain lintas negara, buku yang direview juga lintas bidang. Menjadi kehormatan bagi Fakultas Hukum bahwa salah satu dosen ikut menjadi pembicara. Dari Indonesia, terpilih dua pembicara yaitu Dr.Ir.Hermanto Dwiatmoko,MSTr, IPU, ASEAN Eng. DARI Universitas Mercu Buana yang menjelaskan tentang buku yang ditulis beliau berjudul Peran Transportasi Perkeratapian.Pembicara lain dari Indonesia yaitu dosen Fakultas Hukum Universitas Narotama yang menjelaskan tentang buku Pidana Pemberitaan Media Sosial. Buku ini berisi tentang aturan jurnalis dalam kaitannya dengan pemberitaan yang dilakukan di media sosial. Dilatar belakangi fakta bahwa banyak jurnalis juga menggunakan media sosial untuk menuliskan berita hasil kegiatan jurnalistiknya.
Selain Indonesia, terdapat narasumber lain dari Malaysia dan Thailand, yaitu Prof. Ir.Dr.mohd Rizal Arshad, TNC (akademik & Antar bangsa) UniMAP (Universiti Malaysia Perlis), Prof.Dr.Md Amin Bin Md Taff  (Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia), Asst.Prof.Dr.Wasona Boonsong  dan Julian Aloysius dari Rajamangala University of Technology Sriwijaya Thailand. Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Narotama, Bp Dr. Ir.Sri Wiwoho Mudjanarko,S.T.M.T.,IPM. bertindak sebagai tuan rumah konferensi ini.
Karena narasumber dan moderator yang berasal dari tiga negara, peserta pun berasal dari negara-negara yang berbeda. Hal ini terlihat dari komentar dan perkenalan diri di kolom komentar. Banyak yang mengapresiasi acara ini  hingga mengajukan usul untuk membuat seri lanjutan. Tampaknya harapan tersebut akan segera terlaksana karena sebelum acara ini tanggal 8 Mei lalu diadakan acara perdana yaitu Book Review by Female Lectures from Different Countries.
Mempertemukan narasumber, moderator dan peserta lintas negara tidak mudah apabila dilakukan secara ‘konvesional’. Namun kondisi di tengah pandemi saat ini justru membawa hikmah tersendiri. The world has no limit anymore.


 Foto: “International Book Review Conference From 3 Countries” pada 15 Juni 2020


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.