FH Sukses Gelar International Conference Tahun 2018

Di penghujung Tahun 2018 ini, Fakultas Hukum Unnar kembali mengadakan kegiatan kelas dunia. Melalui acara International Conference on Law and Politics (ICLP) 2018, FH Unnar menunjukkan kualitas kelas dunia dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. FH Unnar bekerjasama dengan DPRD Provinsi Jawa Timur mengundang para narasumber dari berbagai negara dengan keahlian dalam bidang hukum dan politik. Acara ICLP 2018 dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur.

Acara ICLP 2018 ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo. Dalam sambutannya, Pakde Karwo menyatakan bahwa hukum itu harus memfasilitasi kebutuhan manusia, bukan sebagai penghambat. Hukum harus memfasilitasi proses, bukan justru menghambat proses. Dengan mengutip pendapat Nonet and Zelnick, Pakde Karwo menekankan pentingnya hukum yang responsif. Hukum tidak boleh represif maupun otonom.

Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Freddy Poernomo memberikan apresiasi kepada FH Unnar yang telah menginisiasi acara ICLP Tahun 2018 ini. Dr. Freddy menyatakan bahwa acara ICLP Tahun 2018 ini sangat penting bagi bangsa Indonesia karena April 2018 mendatang akan diselenggarakan Pemilihan Umum yang terumit dan terbesar di dunia. Oleh karena itu ICLP Tahun 2018 ini dapat memberikan solusi terbaik bagi sistem Pemilu yang sederhana dan efisien, namun tetap didasarkan pada prinsip Pemilu yang jujur, bebas, adil, dan rahasia.

Pada ICLP Tahun 2018 ini, FH Unnar menghadirkan narasumber dari 4 negara antara lain: Dr. Freddy Poernomo sebagai Keynote Speaker, Hakim Agung Dr. Gazalba Shaleh yang juga merupakan dosen tetap FH Unnar  (Indonesia), Dr. Haniff Ahamat dari University Kebangsaan Malaysia, Prof. Dr. Sahaluddin dari Rajhashe University Bangladesh, Dr. Md. Awal Khan dari Independent University Bangladesh, dan Yasuko Iwai dari Jepang.

Kegiatan ICLP dibagi kedalam 2 sesi, yakni sesi seminar yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna pada Pukul 08.30-12.30 dan sesi paralel pada Pukul 13.00-16.30. Pada sesi paralel, para pemakalah dibagi kedalam 6 ruangan berbeda. Para presenters tersebut memaparkan abstrak papernya dihadapan tim panelis.

Kegiatan ICLP ditutup oleh Dekan FH Unnar Dr. Rusdianto Sesung pada pukul 17.00. Dr. Rusdianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang diketuai oleh dosen FH Unnar Bustomi Arifin, M.A., dan Sekretaris Zulidyana, M.Hum. Dekan FH juga mengungkapkan rasa bangganya karena para peserta dan presenter ICLP Tahun 2018 telah mengikuti acara ICLP hingga tuntas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.